Jadi teringat ketika saya berada di depan kelas, saya amati anak didik saya. Dari sekian siswa yang hadir di kelas mereka memiliki bermacam-macam karakter, ada yang serius mengikuti pelajaran ada juga yang bermalas-malasan. Juga ada yang masih bertanya-tanya “mau dibawa kemana saya ini oleh guru saya?”
Dengan semangat dan berapi-api bak api menyala dimalam yang gelap gulita, saya tetap mendidik walau entah apa yang akan terjadi pasca pembelajaran nanti.
lalu gelisahku bertemu kawan lama bertahun tak sua kujumpai pada siang terik mentari surabaya tak alang kepalang panasnya
di lobby inna simpang hotel nan sejuk mengurai bimbang cerita-cerita lama tanpa ujung batas tentang kawan sebangku tentang kawan-kawan kuliah tak pernah temu tanpa rasa-rasa jemu
hari seakan berlari kembali ke arah waktu lampau saat di bawah tanjung kampus kita bersama mimpi dan mengigau
nasib selalu tak tertib waktu bisa menggergaji ingatan lupa kepada seorang kawan adalah biasa. hanya perubahan adalah abadi di alam ini
wajahmu seakan tak berubah hanya perilaku jauh dari dulu ada mukena membalut rambutmu seperti ustadzah kampungku begitu ayu!
wajahmu seakan tak berubah hanya laku tomboy dulu musnah di mataku. ditelan indah mukena. mukenamu begitu sederhana. begitu mempesona
benar pilihanmu guru adalah pekerjaan paling mulia
Gilbert H. Hunt dalam bukunya effective teaching mengatakan bahwa guru yang baik itu harus memenuhi tujuh criteria yaitu :
1.Sifat
Guru yang baik harus mempunyai sifat-sifat yang antusias, stimulatif, mendorong siswa untuk maju, hangat, berorientasi pada tugas dan bekerja keras, toleran, sopan, dan bijaksana, bias dipercaya, pleksible, dan mudah menyesuaikan diri, demokratis, penuh harapan bagi siswa, tidak semata mencari reputasi pribadi, mampu mengatasi stereotype siswa, bertanggung jawab terhadap kegiatan belajar siswa, mampu menyampaikan pereasaannya, dan memiliki pendengaran yang baik.
2.Pengetahuan,
Guru yang baik juga memiliki pengetahuan yang memadai dalam mata pelajaran yang di embannya, dan terus mengikuti kemajuan dalam bidang ilmunya itu.
3.Apa yang disampaikan
Guru yang baik juga mampu memberikan jaminan bahwa materi yang disampaikannya mencakup semua unit bahasan yang diharapkan siswa secara maksimal.
4.Bagaimana Mengajar
Guru yang baik mampu menjelaskan berbagai informasi secara jelas, dan terang, mendorong semua siswa untuk berpartisipasi, memonitor dan bahkan sering mendatangi siswa, memonitor tempat duduk siswa , melakukan formatif test dan post test, menggunakan beberapa bahan tradisional, berpartisipasi dan mampu memberikan perbaikan terhadap kesalahan konsepsi yang dilakukan siswa
5.Harapan
Guru yang baik mampu memberikan harapan pada siswa, mampu membuat siswa akuntabe, dan mendorong partisipasi orang tua dalam memajukan kemampuan akademik siswanya.
6. Reaksi guru terhadap siswa
Guru yang baik bisa menerima berbagai masuka, resiko, dan tantangan, selalu memberikan dukungan pada siswanya, konsisten dalam kesepakatan-kesepakatan dengan siswa, bijaksana terhadap kritik siswa, mampu menyediakan waktu yang pantas untuk siswa bertanya, cepat dalam memberikan feed back bagi siswa dalam membantu mereka belajar.
7. Management
Guru yang baik juga harus mampu menunjukkan keahliandalam perencanaan, memiliki kemampuan mengorganisasi kelas sejak hari pertama dia bertugas, cepat memulai kel;as, melewati masa transisi dengan baik, dapat meminimalisasi gangguan, dapat menerima suasana kelas yang ribut dengan kesiatan pembelajaran, memiliki tehnik untuk mengontrol kelas, memberikan hukuman dengan bentuk yang paling ringan, dapat memelihara suasana yang tenang dalam belajar dan tetap dapat menjaga siswa untuk tetap belajar menuju sukses